Sabtu, 03 April 2010

Flash



Setelah beberapa hari ini saya mempelajari Flash ternyata flash atau Adobe flash adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk membuat obyek animasi. Animasi adalah proses pembuatan efek gerak yang terjadi dalam beberapa waktu yang telah ditentukan, animasi bisa berupa gerak dari suatu tempat ke tempat lain atau perubahan warna ataupun bentuk yang sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Animasi flash bisa dilakukan dengan frame per frame atau tweening. Animasi frame per frame adalah animasi yang mengunakan banyak gambar yang dibuat dan menggunakan efek yang dibuat dengan mengganti gambar yang satu dengan yang lain selama beberapa waktu. Animasi tweening adalah animasi yang membuat frame awal dan frame akhir saja sehingga mengurangi waktu dalam menggambar.

Selain itu ada dua jenis tween animation yang bisa digunakan yaitu shape tween dan motion tween. Shape tween berfungsi untuk mengubah bentuk sedangkan motion tween berfungsi untuk menggerakkan gambar, teks atau symbol yang dapat diubah dari satu tempat ke tempat yang lain dengan merubah ukuran, warna dan memutar. Flash juga sangat bermanfaat bagi orang-orang yang merancang dan membuat animasi gerak.

Tampilan muka Flash CS 3



Keterangan :
  1. Open a recent new untuk membuka file flash
  2. Create new untuk memulai flash baru

Tampilan jendela kerja flash CS 3


Toolbar
Tool bar merpakan panel berisi bermacam tool. Tool-tool ini dikelompokan menjadi 4 kelompok yaitu : Tools = berisi tombol-tombol untuk membuat dan mengedit gambar. View = untuk mengatur tampilan lembar kerja. Color = untuk menentukan warna pada saat mengedit. Option = alat bantu lain untuk mengedit gambar.


Tools
  • Subselection Tool (A) berfungsi untuk mengubah bentuk objek dengan points
  • Line Tool (N) untuk membuat garis
  • Lasso Tool (L) untuk menyeleksi bagian objek yang akan diedit
  • Pen Tool (P) Untuk membuat bentuk objek secara bebas berupa titik sebagai penghubung
  • Text Tool (T) digunakan untuk menulis text
  • Oval Tool (O) untuk membuat objek elips atau lingkaran
  • Rectangle Tool (R) membuat objek berbentu segi empat atau segi banyak
  • Pencil Tool (Y) berfungsi untuk menggambar objek secara bebas
  • Brush Tool (B) untuk menggambar objek secara bebas dengan ketebalan dan ukuran yang sudah disediakan
  • Free Transform Tool (Q) untuk mengubah ukuran atau memutar bentuk sesuai dengan keinginan.
  • Fill Transform Tool (F) digunakan untuk mentransformasi file dari suatu objek.
  • Ink Bottle Tool (S) berfungsi untuk memberi warna garis tepi (outline).
  • Paint Buckde Tool (K) untuk memberi warna pada objek.
  • Eyedropper Tool (I) untuk mengambil contoh warna.
  • Eraser Tool (E) untuk menghapus objek
View
  • Hand Tool (H) untuk menggeser stage.
  • Zoom Tool (M,Z) untuk memperbesar atau memperkecil objek.
Colors
  • Stroke Color digunakan untuk memberi warna pada garis0garis tepi
  • Fiil Color berfungsi untuk memberi warna pada objek.
  • Black and White
  • Swap Color
Options untuk mengatur fungsi tambahan dari tool yang sedang aktif.
  • Snap to Object
  • Smooth
  • Straighten

Timeline

Timeline atau garis merupakan komponen untuk mengatur atau mengontrol jalannya suatu objek animasi. Timeline terdiri dari beberapa layer. Layer digunakan untuk menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar bisa diolah dengan objek lain. Didalam layer terdapat frame-frame yang digunakan untuk mengatur kecepatan suatu objek atau animasi, semakin panjang frame dalam layer maka semakin lama juga animasi akan berjalan.

Stage
stage disebut juga layar atau panggung. Stage digunakan untuk memainkan objek yang akan dianimasi. Didalam stage kita dapat membuat gambar, teks, memberi warna dan lain-lain.







Tidak ada komentar: